Selasa, 18 Juni 2013

Trip ke Singapura - Malaysia

Jalan-Jalan saya kali ini berdua dengan suami. Prepare jauh-jauh hari untuk penginapan adalah pilihan yang baik. Disamping tidak perlu bawa uang cash terlalu banyak lagi buat bayar penginapan, sekalian juga kita bisa tau terlebih dulu lokasi penginapan kita terletak didaerah mana, wisata-wisata apa saja yang terdekat, transportasinya, dan sebagainya. Sehingga menghemat waktu.
 9 Mei 2013

Hari pertama saya berangkat lewat Pelabuhan Batam Center menuju Harbourfront Singapura dengan Sindo Ferry pada jam 10.40. Ada 12 keberangkatan setiap harinya dengan kapal ini. Biayanya Rp. 330.000,- PP / org. dan ketika pulangnya nanti bayar tax di Singapura $ 6.

Di Singapura saya langsung beli Ez-Link Card di Stasiun MRT HarbourFront. Harganya $ 12 dan saya Top Up $ 10 lagi. Saya sarankan jika Kesinggapura untuk memiliki kartu ini. Bisa digunakan untuk menaiki MRT, bus, monorel ke sentosa dan beberapa pembayaran lainnya menggunakan Ez-Link card ini. Tentunya sangat menghemat waktu anda dan harga persekali jalannya juga berbeda jika anda membayar memakai Ez-Link card dengan beli tiket biasa. Tentunya lebih murah beberapa sen. Atau bisa juga anda membeli STP (Singapore Tourist Past). Jangan lupa meminta MRT map di informasi stasiun MRT HarbourFront, karena dibeberapa stasiun terkadang tidak menyediakan MRT map. Map ini sangat membantu. Walaupun jika anda belum pernah kesingapur namun ada tujuan dan ada map MRT ditanggan, InsyaAllah sampai ditempat tujuan.

pose dulu setelah keluar dari SMRT Bayfront menuju Garden by the bay

Setelah Ez-Link Card sudah ditangan, saya langsung melanjutkan perjalanan dari SMRT HarbourFront dan turun di stasiun Bayfront dan keluar melalui Exit B. Tujuan saya adalah Garden by the Bay. disini saya tidak memasuki wahana apapun, yah walaupun di catatan saya sebenarnya ingin memasuki Flower Dome dan Cloud Forrest. Ini tempat yang direkomendasikan beberapa teman. Rate nya $ 28 /org. Mmmm maybe next time saya mampir kesini. Karena hari ini sebenarnya tujuan saya adalah ke Malaka dan hanya transit di Singapura. Jadinya Cuma sekedar foto-foto deh, banyak spot yang bagus juga disini. Istirahat siang kami makan sphagetti ditaman, sphagettinya saya bawa dari Batam loh. Hehheee… lumayan hemat dan tidak perlu susah-susah cari makanan halal. Setidaknya siang ini perut kami selamat. Dilanjut lagi muterin area Garden by the Bay. melihat dari dekat gedung Marina Bay Sands yang terkenal itu. Lalu kami kembali ke SMRT Bayfront untuk selanjutnya menuju Penghentian MRT di Paya Lebar. Bus yang akan membawa kami ke Malaka letaknya di City Plaza. Sekitar 10 menit dari SMRT Paya lebar. Pukul 18.45 harusnya bus sudah jalan, namun 15 menit kemudian bus baru berangkat. Itu juga masih singgah dibeberapa tempat utuk mengambil penumpang yang lainnya. Wah diluar perkiraan saya ini. Tapi untungnya bus nya nyaman, kursinya lebar dan sangat selese lah untuk perjalanan malam. Sampai di cek point singapura biasanya saya membawa semua barang bawaan turun dari bus, karena bisa jadi kita tidak menaiki bus yang sama lagi. Namun kali ini tidak, si supir bilang tinggalkan saja barang-barangnya. Saya pun turun. Sedikit aneh, karena kok kayaknya tidak ditempat cek point yang biasanya itu ya. Tempat cop passport agak kecil, tidak terlalu ramai. Selesai urusan imigrasi, saya keluar dan pak sopir sudah menunggu. Dia hitung seluruh penumpang baru lanjut jalan. Beberapa menit kemudian sampai di cek point Malaysia. Kali ini saya turun dengan semua barang bawaan. Setelah urusan imigrasi selesai, saya keluar dan sangat mudah menemukan bus saya tadi. Oh iya, bus yang saya naiki adalah bus Golden Coach Express service. Saya pesan di easibook.com dengan harga $38.80/org.

Karena pukul 8.30 malam baru sampai dicek point Malaysia, saya perkirakan jam 12 lewat baru sampai dimalaka, tapi ternyata jam 11 malam saya sudah sampai di Malaka sentral. Karena sudah tidak ada bus lagi, kami naik Taxi ke Thoo Hotel. Ongkosnya RM 20.

Setelah menaruh barang-barang. Kami langsung keluar lagi untuk cari makan. Ada banyak tempat makan dideretan hotel tempat kami menginap. Saya memilih tempat makan India. Saya order prata isi telor 2, soya dingin dan teh tarik. Totalnya RM 7.50. setelah itu pulang ke hotal untuk beristirahat.

Oh ya, Thoo Hotel ini lokasinya sangat dekat dengan Hospital Mahkota Malaka, tepat disebelah pintu masuk Hospital. Rate nya saya pesan lewat Agoda Rp. 320.000,- waktu saya cek harga disana ternyata lagi promo Cuma RM 72 x Rp. 3.200 = Rp. 230.400. Waahhh rugi Bandar (tepok jidat). pagi-pagi sekali sesuai pesan Mama jam 6 pagi saya sudah harus antri mengambil nomor antrian. Tapi loket pengambilan nomor antrian baru buka jam 7. Jadi lumayan menunggu sih. Kalau tau kan mending lanjut tidur dulu, secara masih nguap-nguap. Urusan berobat kelar jam 12.30 siang. Sebelumya, waktu masih menunggu hasil saya sempat balik ke hotel untuk mengemas barang-barang, karena jam 12 sudah harus cek out. Barang-barang saya titipkan ke resepsionis. Schedule saya selanjutnya jam 2 melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur . Namun rasanya kok ya sayang tidak mampir dulu ke tempat wisata di malaka. Ya sudah dengan waktu yang ada, saya pergi dulu beli sim card DiGi. Minta disetelin langsung paket BBMan nya. RM 1 / hari, agar tetap bisa berhubungan dengan keluarga di Batam dan Jakarta. Setelah itu kita makan siang. Pilihan saya dan yang terdekat dari Hospital Mahkota adalah Bangunan Merah. Sebelumnya saya sudah pernah 2 x kesini. Tapi suami saya belum pernah. Jalan kaki saja sebenarnya bisa, tapi ya itu, mesti ada tenaga lebih. Sementara perjalanan saya masih panjang. Jadi saya putuskan untuk naik becak yang terkenal disana. Becaknya lucu-lucu, coz full colour gitu. Kita memilih paket lengkap mengitari seluruh tempat bersejarah itu. Ratenya RM 35, saya tawar jadi RM 30. Setelah puas putar-putar dan foto-foto dengan spot yang bagus-bagus. Kita sudahi perjalanan di Malaka ini. Oh iya jangan lupa juga beli sedikit souvenir di Heritage center, jangan lupa ditawar juga ya.

Saya kembali ke Hotel untuk mengambil barang. Sedikit Tanya informasi ke Malaka sentral selain naik Taxi, dan bagian resepsionis yang ramah itu memberi informasi untuk naik bus Panorama Malaka dari depan halte Hospital Makhota. Busnya warna merah dan ratenya cuma RM 1.30. tentunya kita yang ngakunya stengah Backpacker ini milih naik bus ketimbang naik Taxi RM 20. Sampai di Malaka Sentral sudah jam 4 sore. Kita milih naik Bus Melor Interline Espress jam 4.30 dengan harga RM 13.50. masih ada waktu 30 menit, kami gunakan untuk sholat. Ada ruang sholat yang bersih dan luas di depan counter tempat kami beli tiket tadi. Dua Jam perjalanan kami sampai di TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Saya kurang paham dengan transportasi disini, karena beberapa kali ke KL selalu diantar jemput sodara. Nah giliran Backpacker begini baru deh binggung. Tapi bermodalkan bahasa melayu saya yang cukup lancar, tak lama kemudian saya sudah duduk manis di Kereta Komuter dengan tujuan KL Sentral dengan rate RM 1 saja. Sampai di KL Sentral tanya-tanya lagi dimana pintu keluar menuju Hotel Sentral tempat saya menginap 2 malam. Jalan kaki 5 menit dari KL sentral saja sudah sampai. Tips dari saya banyak-banyak lah bertanya dari pada harus buang-buang energi muter-muter, secara pintu keluar disini banyak. Sampai di Hotel Sentral kita bersih-bersih dan sholat. Berencana keluar untuk cari tiket ke Genting Island esok paginya. Takutnya kalau beli besok pagi tidak kebagian tiket mengingat besok hari sabtu. Benar saja, loket tiket penjualan udah tutup jam 8 malam dan informasi dari salah satu pegawai disana bilang keberangkatan ke Genting buat besok yang masih open jam 12 saja, untuk pagi sudah sold out. Saya tepok jidat deh, karena ini benar-benar mengganggu scedule.

Akhirnya sambil pikir-pikir perut pun dah lapar. Saya makan masih didaerah sekitaran hotel dan dekat dengan Seven Eleven. 1 porsi nasi Tom Yam dan Nasi goreng kampong dengan minum soya dingin dan air putih, harganya RM 11 Pagi-pagi jam 7 saya sudah menuju KL sentral, berharap mendapatkan tiket jam 12. Ternyata saya dapat untuk jam 11.30 Alhamdulilah. Ratenya tapi kok agak mahal ya, sebelum berangkat saya serch-serch untuk ke Genting itu naik bus dan genting sky way hanya RM 11.30, tapi saya kena RM 20/org. ya sudah, mau di buat apa, untuk belanja ini berarti lewat budget. Selanjutnya saya balik kehotel untuk sarapan. Di Hotel Sentral saya memesan di Agoda tipe kamar superior included breakfast dengan rate Rp. 999.000,- untuk 2 malam. Kamarnya bersih, kamar mandi juga bersih walaupun sedikit kecil dengan pemandangan kota. Yang paling penting hotel ini dekat dengan transportasi umum. Selesai sarapan saya tidak ingin buang-buang waktu, saya ingat dari jendela kamar terlihat gedung KL Tower dan menara kembar. Jadi saya memutuskan kesana. Dari hotel saya jalan kaki ke stasiun monorail yang berada tepat didepan hotel tempat saya menginap. Dari situ saya naik monorel rute bukit nenas dengan rate RM 4.20, tujuannya adalah KL Tower. Cukup capek juga berjalan kaki ke KL tower dari stasiun monorail bukit nenas karena trakenya ada sedikit menanjak. Sampai digerbang KL tower ada mini bus free yang akan mengangkut pengunjung sampai didepan KL Tower. Mini bus ini 15 menit sekali akan jalan. Di KL Tower kita cuma muter-muter dan foto-foto saja. Karena untuk naik keatas harus bayar RM 48. Wah saya rasa ini harga yang kurang pantas, karena dulu sekali saya pernah naik keatas itu juga, yah nothinks special lah selain melihat gedung-gedung pencakar langit yang tinggi-tingi itu. Jadinya kita balik lagi ke stasiun bukit nanas untuk kembali ke KL sentral karena sudah jam 11 siang. Jam 11.30 bus express yang saya tumpangi melaju membelah kota Kuala Lumpur, selama perjalanan saya tertidur dan bangun ketika sudah sampai di Genting Skyway.

Next…, mau tau cerita seru saya di Genting Island? Dan kemana saja setelah itu? Perjalanan saya masih panjaaaangggg dan pastinya seru. InsyaAllah akan saya share di sini juga.
Happy on vacation and see the word :D