Jumat, 21 Juni 2013

Tips merawat jam tangan cantik anda




Sebagian orang dan itu termasuk saya sendiri, menjadikan jam tangan sebagai sebuah kebutuhan. Selayaknya HP yang pada zaman sekarang adalah soulmate paling setia, saya memposisikan sebuah jam tangan juga seperti itu. Barang yang selalu saya kenakan kemanapun. Namun kadang kala saya hanya mengerti manfaat dari jam itu sendiri dan ketika jam itu sedikit bermasalah, barulah menyesal karena tidak merawatnya dengan benar. Ya, merawat jam dengan baik dan benar tentunya memperpanjang umur penggunaa jam tersebut, meski kini jenis jam berbeda-beda, namun pada umumnya, cara merawatnya tidaklah jauh berbeda, tentunya memperlakukannya dengan baik. Tidak peduli sebuah jam tangan itu murah atau branded, tetap membutuhkan perawatan supaya mampu bertahan lama dan tetap bagus. Pada dasarnya mudah saja cara merawat jam tangan agar lebih awet, tidak berkarat, tidak bau dan tetap terjaga keindahan jam tangan tersebut. Here are some tips on caring for watches, Cekidot : 

Pada kaca jam tangan, bersihkanlah dengan kain yang halus, sehingga tidak menggores kaca jam yang memang sangat sensitif terhadap goresan. Meskipun jam nya tahan goresan, pada beberapa jam memiliki lapisan pelindung kaca yang apabila digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar, maka lapisan tersebut akan semakin tipis, mudah rusak, hilang, dan berkurang ketahanannya terhadap goresan. 

Untuk merawat kebersihan Pada Gelang jam, seperti halnya karet, bersihkanlah dengan sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang, bersih, dan tidak menimbulkan bau dan jamur. 

Sedangkan pada gelang jam yang terbuat dari stainless steel murni (biasanya pada jam original) yaitu dengan cara mencuci gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan. Untuk Stainless Steel murni, tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam kw, yang merupakan campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air. 

Zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada jam antara lain air, minyak, keringat, air hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain. (kecuali pada Jam Tangan Original yang memang teruji ketahanannya terhadap zat-zat yang telah disebut sebelumnya.) 

Mengganti Baterai bila baterai sudah habis, atau segera membuang baterainya bila tidak sempat membeli Baterai. Kenapa ?? karena jika baterai sudah expired / kadaluarsa / mati / rusak , maka biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif (merusak) pada mesin jam tangan. Dan usahakan saat mengganti baterai jam tangan sesuai dengan spesifik baterai aslinya, terutama dari nomer seri jam tersebut. 

Membersihkan atau mengusap setelah pemakaian dan bila ada kotak tempat menyimpan jam, sebaiknya diletakkan di dalamnya dan diberi silica gel agar tidak lembab dan tidak merusak jam tangan anda.

Jauhkan dari Medan Magnet yang kuat jika ingin perawatan jam tangan anda berjalan secara optimal , seperti magnet, tv, pengeras suara, mesin pendingin dll 

Usahakan jam tangan selalu kering. Walaupun tergolong jam tangan waterproof dan stainless stell, air yang terus menerus dibiarkan membasahi jam tangan akan memiliki efek merusak, bahkan bisa menimbulkan karat. 

Semoga bermanfaat ya guys :D 
sumber dari sini

1 komentar:

Hariyanti Sukma mengatakan...

Makasih ya infonya