Sabtu, 02 April 2011

Owh Wakil Rakyat...

Saya memang tidak terlalu mengerti urusan politik, juga tidak mengerti hitung-hitungan harga material untuk pembangunan suatu gedung. Tapi apa pantas om dan tante membangun gedung baru melihat masih banyak rakyat yang tinggal dijalanan, masih banyak anak terlantar yang harusnya dilindungi oleh Negara, masih banyak susahnya rakyat kita om…

“Gedung 36 lantai itu nantinya dengan luas 157 meter persegi senilai Rp1,38 triliun. Diperkirakan dengan dana tersebut, satu ruang yang akan menampung 6-7 anggota dewan akan menghabiskan dana Rp800 juta.” Sumber : Koran, internet, tv

Walaaa… satu ruang aja sampe nelan dana Rp. 800 juta (kaget ampe nganga g’ nutup-nutup). Kalau buat bangun rumah para korban gempa dan tsunami di Mentawai, bisa dapat banyak gileeee tu.


Rakyat tentunya tidak keberatan bahwa lembaga negara seperti DPR memiliki gedung yang representatif. Hanya saja jauh lebih penting adalah persoalan fungsionalitas dari ruangan yang dimiliki para anggota DPR. Lagian kenapa dengan gedung sekarang? Paling butuh perawatan gedung yang jauh lebih kecil. Toh belum bocor kan? Gak sampe kebanjiran juga kan? Apalagi ampe dimakan rayap. Kelihatan masih kokoh. Lalu kenapa? apa mau pake alasan jaman batu lagi, untuk meningkatkan kinerja para anggota dewan. Saya rasa tidak ada relevansi antar kinerja dengan gedung yang masih kokoh itu.

Huff… sebenarnya saya malas juga ngebahas soal beginian, tapi ini curhat beneran deh. Udah terlalu miris beberapa hari ini dengar kabar duit rakyat Rp. 1,38 triliun itu mau dibuat gedung baru DPR. Mereka kan tinggal dijakarta, dijakarta itu selain banyak orang miskinnya, juga masih banyak fasilitas umum yang perlu diperbaiki. Ditambah masalah banjir yang sepertinya gak surut-surut. Jadi ingat beberapa bulan yang lalu pernah main ke Jakarta dan kejebak banjir hampir sepinggang (curhat lagi).

Yah, saya tau, jeritan ini dan rakyat lainnya diluar sana hanya akan masuk dalam tong sampah. Ibaratnya, Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.

7 komentar:

Andryxzx mengatakan...

namanya juga pejabat di indonesia kak. miris.
dibilang udah biasa iya. bearti ini merupakan kebiasaan buruk kan?

salam kenal ya kak :)
aku udah follow blog kaka juga..
nice blog :)

Gaphe mengatakan...

no komen mah kayak gitu.. soalnya udah sering kejadian, wakil rakyat yang kita percayai.. dipilih oleh banyak orang, malah menghianati kepercayaan itu.

banyak urusan negara belum beres tapi duit udah dipake buat bangun gedung yang rasanya juga ntar nggak terlalu signifikan.

Hariyanti Sukma mengatakan...

aku ikut gaya Desi Ratnasari aja dach "No Comnet" katanya wakil rakyat, tapi gak mikiran rakyat... nyebelin...yg jelas..!!!

Nufri L Sang Nila mengatakan...

memang contoh yang sangat buruk buat kita rakyat indonesia....jadi harus diingat ya..nanti kalau salah satu dari kita ada yang jadi anggota...harus diperjuangkan benar2 tuh...agar benar memihak ke rakyat...
salam

Unknown mengatakan...

seharusnya sih DPR kerja yg bener ya kan udah ngabisin duit banyak utk gedung, dll

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

yah, kalo yg ini mah udah biasa..namanya juga pejabat..
rakyat ga bisa apa2

Aina mengatakan...

wah.....ada temannya...sukanya ngebuka bungkus buku.... kata temen saya sih gapapa... soalnya emang udah kewajiban toko buku wat nyediain satu buku yang bisa dibuka... lha kalo ga ada yang bukaan ya kita buka ndiri :P