Senin, 14 Maret 2011

Icip-icip Masakan Khas Melayu "SEMPOLET"


Masakan khas melayu ini sudah jarang ditemui. Sejauh mata memandang di tanah melayu ini (baca : Kepri dan sekitarnya ^_ ), saya belum mendengar ada yang berjualan sempolet. Kalau saya lagi kepengen, dari jauh-jauh hari udah request sama mama untuk dibikinin, (sebenarnya sih jauh-jauh hari pesan juga lom tentu dapet) berhubung bahan dasarnya sagu basah tidak ada dikota saya. Nah kebetulan minggu lalu makcik saya dari selat panjang datang, dan saya sudah pesan untuk dibawakan sagu basah.


Sempolet ini sepintas diliat semacam cream soup (wah ternyata puluhan atau mungkin ratusan tahun yang lalu nenek moyang kita sudah mengenal cream soup dengan bahan sagu). Campurannya teri, ebi dan sayur kangkung. Itu yang pernah saya coba. Tapi kate orang-orang melayu, racikan sebenar-benarnya pakai pakis hutan, aneka seafood dan banyak macam lagi.



Rasanya itu pedas, kalau tak sampai “meleleh2” mesti tambah lagi. Hahhaaaa itu siy maunya saya aja. Tapi benar loh, sejauh yang saya coba sebagai pemakan segala macam kecap manis, saya merasa tidak terganggu dengan rasa pedas di sempolet ini, ditambah dengan kenyal-kenyalnya sagu yang berbentuk polkadot di mangkuk saya,bikin selera makan saya bertambah. Walhasil saya sudah menambah hingga 3 mangkok. Sluuupppp… lezatnya

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah, sepertinya asik tuh