Sabtu, 01 Januari 2011

5cm


Buku ini saya beli November 2010 di Kwitang. Karena rada-rada sok sibuk gitu, jadi ni buku gak langsung dilahap. Ketika malam tahun baru dan memutuskan untuk stay di rumah tanpa plan apa-apa, akhirnya tersentuhlah buku hitam dengan stempel BEST SELLER di pojok kanan atas, tulisan putih kecil 5 cm ditengah-tengah.

Cerita tentang persahabatan 5 anak muda (Sepertinya sih, mereka ini ‘produk’ tahun 70 akhir – 80an, coz bertebaran lirik yang gak familiar). Arial adalah sosok yang paling ganteng. Simple, tapi menjadi kebanggaan. Riani – satu-satunya spesies perempuan serta penggemar berat sandal jepit. Zafran – Seorang penyair yang selalu bimbang. Ian - si gendut yang sering dikira orang badut ancol, ikan pesut, atau Telletubies warna ungu. Genta – “The Leader” dan fans berat Riani.

Kebiasaan ngumpul ngobrol mereka akhirnya sampai pada titik jenuh, garing dan merasa standar-standar aja. Mereka udah terlalu hafal luar dalam tentang topik obrolan mereka sampai ngerasa kayak de javu. Akhirnya mereka mutusin buat nggak berhubungan sementara, selama 3 bulan. Out of the box.

Disini cerita semakin seru, coz mereka semua menjalani hari-hari diluar lingkaran aman mereka. Yang paling aku suka ketika perjuangan Ian menyesesaikan skripsinya dengan dosen pembimbing Bapak Sukonto Legowo.

“Kamu… SD… berapa… tahun…, Yan?” tiba-tiba dosennya memberikan pertanyaan yang nggak jelas maksudnya.

“Enam, Pak. Emangnya kenapa?”

“Kalo… kamu… menyelesaikan… kuliah… kamu… enam… tahun… juga… berarti… otak… kamu… otak… anak… SD.”

Akhirnya, waktu 3 bulan berakhir. Genta sebagai EO ngajak mereka untuk naik ke Mahameru. Nah, banyak banget yang terjadi selama perjalanan ini yang mengingatkan mereka, dan pembacanya, untuk mencintai Tuhan, mencintai sesama, dan mencintai Indonesia. (Konon buku ini sebagai sebuah hadiah ulang tahun ke-60 RI)

5cm artinya apa?


Awalnya saya juga penasaran, apa maksudnya. Buku ini maju terus bikin saya penasaran sampai setengah halaman saya baca, saya belum juga mudeng arti 5cm itu. Itu yang bikin tambah unik. Apalagi penulis menyajikan secara lepas dan blak-blakan, yah walopun rada garing dan berat waktu mereka membahas Plato, Socrates dan filosofi hidup. Apalagi cerita pada halaman ketika mereka sampai di Ranu Kumbolo. Saya paling tidak suka bagian ini dari awal sampai akhir (kecuali lirik lagu Ingatlah hari ininya Project P). Saya rasa penulis sedang kehilangan kemampuan menulisnya yang lepas, pembahasannya menjadi sangat kaku dan terlalu dipaksakan.Banyak yang dipaksakan, salah satunya lirik-lirik lagu yang bagus (penurut penulis) dipaksa ikut dalam dialog.

Enddingnya menyenangkan, dan entah mengapa saya selalu suka dengan Endding Happy tapi tidak tertebak seperti ini.

Plok plok plok plookkkk… standing applause buat Donny Dhirgantoro. Thanks udah nemenin malam pergantian tahun baru saya dengan makna yang jauh lebih berarti. Saya akan taruh mimpi, keinginan, dan cita-cita saya disini, didepan kening saya… tidak menempel tapi menggantung, mengambang, 5 centimener… didepan kening saya. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata saya.

NB: thx jg buat orang yg udah ajak saya ke kwitang sehingga saya menemukan buku ini ^_

7 komentar:

chikarei mengatakan...

buku ini emang keren banget^^

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

bukunya memang bagus. saya udah baca juga

sapidudunk mengatakan...

aku juga sukaaa banget sama buku ini, cuman kebalikanmu, aku ngga suka endingnya.. menurutku semacam dipaksain gitu.. lebih bagus kalau dibiarkan nggantung (biar dibikin sekuelnya) hhehehhe...

.:diah:. mengatakan...

aku juga suka buku iniii, full of motivation... pokoknya two thumbs up deh :)

Asriani Amir mengatakan...

buku ini bnr2 keren. 4 kali melahapnya dak bosan2 juga.

klo teman dak bawa kabur, pasti dibaca lgi dah.

hm,,,, ayi, dah baca "9 matahari"nya adenita?? ntu dak kalah bagus juga. keren pokoknya. :D

salam persohiblogan:D

pencari jejak mengatakan...

buku ini dulu aku beli pas beberapa bulan baru keluar dan belum ada tulisan best seller.
dulu cuma aku doang yang baca pas sma, tapi sekarang ini tampaknya bacaan wajib buat mereka yang sedang merangkai mimpi dan membutuhkan motivasi. :D

salam persohiblogan! #ngikutinMbaAchi

che mengatakan...

Setuju...bukunya keren banget
semakin membuat ingin segera ke Puncak Mahameru :)

*met kenal, klik polow*