Kamis, 19 Agustus 2010

PUKAT


“Baiklah, mungkin ada gunanya juga kau tidur di luar malam ini. Berfikir. Pikirkan kalimat Bapak ini, kau tahu, kenapa setiap anak harus mendengarkan nasehat, larangan, atau apa saja dari Mamak-nya? Sungguh bukan karena Mamak pernah jadi anak kecil, sedangkan kau belum pernah jadi orang dewasa. Bukan karena ukuran usia atau kedewasaan…. Tetapi jikau kau tahu sedikit saja apa yang telah ia lakukan demi kau, Amelia, Burlian dan Ayuk Eli, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayangnya kepada kalian.”


Serial anak-anak Mamak dalam “Pukat”, menceritakan sekelumit petualangan Pukat, saudara-saudaranya, dan teman-teman sebayanya dengan segala keluguan dan kenakalannya, namum memendam nilai-nilai luhur yang sangat amat patut untuk dilestarikan. Kejujuran, kasih sayang dan persahabatan yang dibungkus dengan kenakalan dan keterbatasan anak-anak.

Kisah Pukat memberikan inspirasi banyak hal tentang dunia anak yang dipenuhi naluri belajar sambil bersenang-senang. Pukat di gambarkan sebagai sosok yang pintar dan mempunyai cita-cita menjadi seorang Peneliti. Burlian digambarkan sebagai seorang anak yang hanya sibuk bertanya, bertanya dan bertanya . terlepas dari itu semua, kisah ini penuh kejutan-kejutan hingga di lembaran terakhir. Puas rasanya menyantap buku ini. Terlalu banyak pesan moral yang sangat penting, walau untuk orang seusiaku, karena buku ini diperuntukkan bagi pembaca lintas usia. Salah satunya, cerita ini hadir sebagai sebuah karya sastra yang menampilakan kehidupan para tokoh yang tumbuh bersama alam. Ah, pokoknya, intinya, Novel ini RECOMMENDED AND MUST READ!!!

Penulis : Tere-Liye
Penerbit : Republika
Halaman : 345 halaman

6 komentar:

Ana mengatakan...

eh, kalau baca dari cuplikan percakapannya, kayanya bagus nih. apalagi dari reviewnya.. malah bikin tambah penasaran.. diceritain lebih lengkap dong (atau sengaja yah biar pada baca bukunya langsung??) hehehe..

btw, menjawab pesananmu di blog bukumoo, aku jawab lewat facebook yah.. ;)

Unknown mengatakan...

hmm..menarik nih..

NOOR'S mengatakan...

Maaf, baru sempat berkunjung balik mba. Makasih atas kunjungannya...
Mengenai pertanyaan mba Indah, saya sendiripun sedikit ada masalah kalau posting blog paste dari word tapi memang bisa. Selamat mencoba lagi deh...

Salam hangat & sehat selalu...

anak smp mengatakan...

macam nama jaring ikan
"pukat harimau"

salam anak smp pekanbaru

attayaya jadi anak smp mengatakan...

selamat berpuasa mba

Ifan Qomarudin mengatakan...

Resensinya menarik, mungkin setting-nya beberapa tahun bahkan puluhan tahun yg lalu. Jaman sekarang, anak2 lebih familier sama game online, facebook, PS, dll....