Minggu, 27 November 2011

Goes to 1 Muharram 1433 H


Bulan Muharram bagi umat Islam dimaknai sebagai bulan hijrahnya Nabi Muhammad saw, dari Mekah ke Madinah. Oleh karena itu, digerbang pintu 1433 H ini sudah sepantasnya kita (terutama diri saya sendiri) mengingat bahwa inti dari peringatan tahun baru Hijriyah adalah soal perubahan. Sudah sepantasnya tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya agar kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi. Namun apakah itu sudah terjadi? (saya geleng kepala dan tertunduk malu). 

Mari kita bersama-sama menjadikan momen pergantian tahun ini menjadi semangat untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Kembali meluruskan niat, niat yang ikhlas karena Allah, agar tahun baru ini jauh lebih baik dari pada tahun kemarin dan memberi banyak manfaat bagi keluarga, masyarakat, agama, dan Negara. Amin Ya Allah. 

Dan jangan lupa, ditahun baru islam ini adalah saat yang tepat untuk memulai sebuah resolusi baru. Mengapa? Menurut beberapa artikel yg saya baca dan mendengarkan kisah dari orang yang lebih paham dari saya, disinilah Momentum hijrah Rasulullah Saw. dianggap mewakili 'era baru', karena bukan halnya saat itu Rasulullah berhasil meloloskan diri dari kota Mekkah yang sudah tidak kondusif lagi bagi perkembangan dakwah beliau namun juga keputusannya untuk berhijrah ke Madinah membawa pelita terang bagi kebangkitan Islam sehingga beliau berhasil membangun pondasi mental dan spiritual bagi umat Islam yang terasa sampai saat ini. Saya mulai tertarik mengetik apa saja yang ingin saya raih dan lakukan ditahun baru islam ini, mereview apa yang tidak benar dan apa yang belum saya lakukan, meluruskan niat dan semoga saya dan kita semua tidak termasuk dalam orang-orang yang merugi. 

Doa Awal Tahun 
Bacalah doa ini tiga kali saat kita memasuki tanggal 1 Muharam. Bisa dilakukan selepas maghrib atau pun sesudahnya. Dengan doa ini kita sebagai Mu'min memohon kepada Allah Swt. agar dalam memasuki tahun baru ini kita dapat meningkatkan amal kebajikan dan ketaqwaan. 


Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu'i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam 

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya. 

THE SPIRIT OF HIJRAH
HAPPY ISLAMIC NEW YEAR 1433 H

Tidak ada komentar: